IMG_2991 IMG_3015IMG_2977

 

 

 

 

 

 

 

IMG_2955

Gelar Jalan Sehat, Peserta Wajib Pungut Sampah

STIE Kertanegara MALANG – Lima ribu peserta jalan sehat memadati Jalan Bungur-Melati di Kelurahan Lowokwaru pada Minggu (9/3) lalu. Antusiasme masyarakat sangat besar dalam memeriahkan acara yang digelar mahasiswa-mahasiswi STIE Kertanegara Malang tersebut.
Jalan sehat yang diberangkatkan langsung oleh ketua STIE Kertanegara, Drs. Ribut Harianto, MM ini merupakan salah satu agenda kampus dalam merangkul masyarakat untuk mendukung program pemerintah Kota Malang dalam mewujudkan Kota Malang yang sehat, tertib, bersih dan hijau.
Untuk itu dalam mendukung program yang dikenal dengan Ijo Royo-Royo tersebut, jalan sehat diwarnai dengan kegiatan bersih-bersih oleh peserta yang telah dibekali kantong kresek oleh panitia untuk memungut sampah di sepanjang rute. Selain itu juga ada kegiatan penghijauan di beberapa ruas jalan Kelurahan Lowokwaru.
Kepada Malang Post, Ribut Harianto mengatakan lembaga pendidikan memang harus sejalan dengan program pemerintah. Tak hanya dalam bidang pembelajaran, bidang sosial pun juga harus tersentuh oleh lembaga pendidikan guna selarasnya pemerintah dengan lembaga kampus STIE Kertanegara. “Kami juga mengakomodasi masyarakat untuk ikut andil dalam mensukseskan agenda Kota Malang bersama-sama para mahasiswa,” kata dia.
Pria yang juga Caleg DPRD Dapil Lowokwaru Kota Malang ini menuturkan salah satu tujuan penting dalam pergelaran jalan sehat tersebut agar antar warga dapat saling mengenal satu sama lain serta adanya kebersamaan dalam membangun kehidupan bermasyarakat. Untuk memberikan motivasi serta apresiasi kepada para peserta yang hadir saat itu, diberikan beberapa doorprize berupa satu unit sepeda motor sebagai hadiah utama serta barang-barang elektronik berharga lainnya seperti TV, kulkas dan lain sebagainya.
“Untuk membangun masyarakat yang lebih maju dibutuhkan kebersamaan. Karena dengan bersama tugas menjadi lebih mudah, keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan akan lebih terasa,” jelasnya.
Beberapa tahun terakhir masyarakat Lowokwaru memang seringkali terlibat kerjasama dengan mahasiswa STIE Kertanegara. Kerjasama ini biasanya terjalin dalam membangun masyarakat yang lebih baik dalam hal program kemasyarakatan, kewirausahaan maupun lingkungan hidup. Dengan demikian melalui beberapa agenda pendidikan yang kerapkali diimplementasikan langsung di tengah masyarakat menjadikan jalinan komonikasi baik antara STIE Kertanegara dengan masyarakat maupun antar warga masyarakat sendiri semakin erat.
“Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, yang begitu antusias dalam mendukung program kami,” tambah Ribut.
Selain ribuan warga Lowokwaru dari dua belas kelurahan yang ada, turut hadir saat itu Camat Lowokwaru, Lurah kelurahan Lowokwaru, Koramil, Polsek serta para tokoh masyarakat termasuk pengurus RT/RW kecamatan Lowokwaru. Selain itu ketua pembina Yayasan Pengembangan Ilmu Dan Karya (YPIK), Ir. Sofyan Edi Jarwoko juga hadir bersama anggota DPR RI Dapil Malang Raya, Endang Agustin Syarwan Hamid dan wakil DPRD Provensi Jatim H.M. Soenarjo.
Dalam sabutannya, Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang selama ini terus mendukung program STIE Kertanegara, sehingga menjadi kampus yang terus mengalami kemajuan di segala bidang. “Kebersamaan antara warga dengan lembaga pendidikan sangat berpengaruh terhadap kemajuan keduanya. Untuk itu diperlukan jalinan kerjasama yang mendukung ke arah kemajuan tadi,” jelasnya. (imm/nda)